Senin, 02 September 2013

Makalah Teknologi Informasi dan Komunikasi


KATA PENGANTAR
           
           
            Puji syukur saya panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat dan karunia-Nya sehingga saya boleh membuat dan menyelesaikan makalah ini dengan baik , ini semua karna tuntunan dan pernyertaan Tuhan . Saya tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa, terima kasih juga kepada Guru TIK yaitu Bapak. Jerry Tamunu S.Pd yang boleh membimbing saya agar dapat mengerti tentang apa yang di maksud dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi.
          Makalah ini dibuat dengan tujuan agar pembaca dapat lebih memahami, mengerti dan menambah ilmu pengetahuan tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi, yang saya sajikan dari berbagai sumber baik itu dari sumber internet , buku , dan pemikiran saya sendiri.
          Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca ataupun pendengar . Mudah-mudahan dapat memberikan atau menambah wawasan yang lebih luas lagi. Meskipun makalah ini mempunyai kekurangan dan kelebihan, sebelumnya saya minta maaf dan saya memohon kritik dan saran dari para pembaca ataupun pendengarnya. Terima Kasih






               DAFTAR ISI



          BAB I PENDAHULUAN :
          A. Latar Belakang Masalah
        B. Tujuan
        C. Rumusan Masalah

          BAB II ISI :
          A. Sejarah TIK
        B. Pengertian TIK
        C. Pemanfaatan TIK Dalam Dunia Pendidikan
        D. Dampak Positif Penggunaan TIK
        E. Dampak Negatif Penggunaan TIK

          BAB III PENUTUP :
          A. Kesimpulan
        B. Saran
         
          - DAFTAR PUSTAKA





BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
          Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam kehidupan kita sehari-hari sekarang ini sangat pesat sekali , baik mencari informasi maupun menerima informasi sehingga dapat membantu manusia memudahkan permasalahan yang sedang dihadapinya. Pada era Teknologi Informasi dan Komunikasi sekarang ini, komunikasi merupakan hal yang sangat penting sekali. Komunikasi sangat dibutuhkan dalam kehidupan seseorang , bisnis, pendidikan.
          Dilembaga pendidikan, siswa disekolah mendapat pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi, seperti mempalajari komputer dan internet.

B. Tujuan
          Makalah ini disusun agar pembaca dapat lebih mengerti dan menambah wawasan tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi, pembaca juga bisa lebih mengetahui tentang dampak positif dan negative dari Teknologi di zaman sekarang ini, sehingga pembaca bisa mengerti bagaimana cara memakai teknologi dengan baik dan benar, tidak salah menggunakannya.

C. Rumusan Masalah
       - Bagaimana sejarah teknologi informasi dan komunikasi ?
          - Apa pengertian dari teknologi informasi dan komunikasi ?
          - Bagaimana pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam
             dunia pendidikan ?
          - Apa dampak positif penggunaan TIK ?
          - Apa dampak negative penggunaan TIK ?





BAB II ISI

A. Sejarah TIK
       Teknologi Informasi dan Komunikasi ( TIK ) sebenarnya telah dikenal oleh manusia sejak beraabad-abad lalu . Sejak manusia pertama ada dimuka bumi , manusia selalu berusaha untuk mengkomunikasikan segala sesuatu yang ada disekitarnya dengan berbagai cara.
          Zaman prasejarah adalah masa dimana manusia belum mengenal tulisan. Pada masa itu manusia berkomunikasi dengan bahasa isyarat dan bahasa lisan yang masih sangat sederhana. Manusia saat itu juga mempunyai tradisi membuat lukisan-lukisan didinding gua. Pada tahun 3000 SM, Bangsa Sumeria telah mengenal tulisan dalam bentuk symbol-simbol yang dinamakan “pictograf”. Hal ini membuat mereka menjadi bangsa pertama didunia yang mengenal tulisan. Semenjak bangsa-bangsa didunia mengenal tulisan, cara berkomunikasi manusia semakin mengalami kemajuan.
          Pada zaman modern perkembangan TIK mengalami kemajuan yang sangat pesat. Diawali dengan penemuan “Telegram” oleh Samuel Thomas Von Sommering pada tahun 1809 . Lalu muncul penemuan baru yaitu “Telepon” oleh Alexander Grahambell pada tahun 1879. Setelah itu TIK semakin berkembang dengan munculnya computer digital pertama yang diberi nama “ENJAC” pada tahun 1946.
          Pada tahun 1957 satelit buatan manusia pertama milik Uni Sovyet bernama “Sputnik” diluncurkan ke orbit. Dan Pada tahun 1969 ARPANET yang merupakan cikal bakal internet digunakan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat untuk menghubungkan sejumlah computer sehingga membentuk suatu jaringan. Pada tahun 1991 World Wide Web (WWW) mulai dirintis oleh Europen Laboratory for Particel Phisyc atau dikenal dengan CERN .






B. Pengertian TIK
       Teknologi informasi dan komunikasi mencakup dua aspek yaitu , Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi. Teknologi Informasi mencakup segala hal yang berkaitan dengan proses , penggunaan sebagai alat bantu , manipulasi , dan pengelolaan informasi. Sedangkan Teknologi Komunikasi mencakup segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Maka Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah suatu kesatuan yang tidak terpisahkan yang mengandung pengertian luas tentang segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan , manipulasi , pengelolaan dan transfer atau pemindahan informasi .
          Adapun pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) menurut para ahli :
1. Menurut Susanto Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah  sebuah media atau alat bantu yang digunakan  untuk transfer data baik itu untuk memperoleh suatu data atau informasi maupun memberikan informasi kepada orang lain serta dapat digunakan untuk alat berkomunikasi baik satu arah ataupun dua arah.

2. Menurut Eric Deeson , Harper Vollins Publishers , Dictonary of Information Technology “ Information Technology (IT) the handling of information by electric and electronic (and microelectronic) means.” Here handling includes transfer , processing , storage and access, IT special concern being the use of hardware and software for these tasks for the benefit of individual people and society as a whole.” Dari penjelasan diatas : kebutuhan manusia didalam mengambil dan memindahkan , mengolah dan memproses informasi dalam konteks social yang mengungtungkan diri sendiri dan masyarakat secara kesulurahan. Bagaimana implikasinya agar dapat menguntungkan secara individual dan masyarakat secara kesuluruhan tidak didefinisikan secara lebih khusus.






C. Pemanfaatan TIK Dalam Dunia Pendidikan
    1. Alasan TIK dibutuhkan di Dunia Pendidikan
        Adanya perkembangan TIK yang menjadi jembatan ilmu. Salah satu peran TIK diera globalisasi ini adalah sebagai media informasi, misalnya internet. Peserta dapat  mengeksplorasi informasi yang ada  diseluruh dunia dengan lebih efisien dan efektif hanya dengan mengakses internet.
          TIK dapat pula dimanfaatkan peserta didik sebagai media komunikasi, Misalnya memanfaatkan jaringan internet untuk chatting dan mailing , peserta didik dapat berkomunikasi dengan saling bertukar informasi tentang apa yang sedang dibahas. Tidak hanya komunikasi antara peserta didik, peserta didik dengan guru atau para ahli pun dapat dilakukan. Dengan cara ini, peserta didik akan dengan cepat mendapatkan ide dan pengalaman dari berbagai kalangan.
          Dengan adanya perkembangan TIK, belajar menjadi jauh lebih efisien. Proses pembelajaran tidak harus selalu dengan bertatap muka seperti jaman dahulu.

    2. Faktor-faktor Diperlukannya TIK di Indonesia
        Berikut adalah faktor-faktor mengapa TIK diperlukan dalam pendidikan di Indonesia :
    Keterbatasan kualitas dan kuantitas sumber daya pendidikan di Indonesia. Beberapa contoh keterbatasan yang dimaksud adalah terbatasnya jumlah guru , terbatasnya jumlah referensi pendidikan yang dapat digunakan peserta didik, terbatasnya jumlah sekolah bermutu, terbatasnya jumlah perpustakaan yang dapat diakses dan terbatasnya jumlah sarana dan prasarana pendidikan lainnya yang dapat menunjang kemajuan pendidikan.
    Ketidakmerataan kesempatan dalam memperoleh pendidikan yang merupakan hak setiap manusia . Permasalahan yang terkait dengan pemerataan kesempatan dalam memperoleh pendidikan bagi seluruh rakyat Indonesia dapat segera terwujud, dengan adanya konsep Universitas terbuka yang mampu menjangkau daerah terpencil dapat segera diikuti dengan konsep “ sekolah terbuka “ .


D. Dampak Positif Penggunaan TIK
       Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi dapat meningkatkan kehidupan manusia, yang berarti keberadaan teknologi informasi dan komunikasi dapat member manfaat atau keuntungan bagi kehidupan manusia. Ketika menggunakan telepon , menonton televise, mengerjakan tugas dengan computer dan menggunakan fasilitas internet, sehingga apapun masalah kita sangat mudah kita atasi.
          Dampak Positif penggunaan TIK juga memungkinkan dan memudahkan manusia untuk dapat saling berhubungan dengan cepat, mudah dan terjangkau. Informasi dari belahan dunia lain dengan mudah dapat diterima dengan cepat , aktivitas komunikasi antar dua tempat yang berjauhan menjadi lebih muda dan cepat menggunakan alat-alat teknologi informasi dan komunikasi.
          Dalam bidang pendidikan , perkembangan TIK berpotensi untuk membangun masyarakat yang demokratis, hal ini ditandai adanya hubungan guru dengan siswa , guru dan guru , dan antar guru siswa, orang tua dan masyarakat dalam kaitannya dengan proses pendidikan dalam dan diluar sekolah.

E. Dampak Negative Penggunaan TIK
       Perkembangan TIK sering dianggap sebagai kebaikan atau kemudahan bagi para penggunanya. Namun ,ketika nalar , kemampuan dan iman kita belum memadai atau tidak siap untuk mengikuti perkembangan tersebut. Perkembangan TIK tidak hanya menimbulkan efek positif , tetapi juga menimbulkan efek negative . Efek negative tersebut disebabkan oleh perkembangan ilmu IPTEK. Penguasaan IPTEK bahkan digunakan untuk menggali prosedur yang jujur sehingga chyber crime. Selain itu Penguasaan IPTEK malah digunakan untuk memuaskan hasrat duniawi sehingga lahirlah cyber porn.
          Adapun efek negative lainnya dari penggunaan TIK adalah semakin maraknya aktivitas pembajakan program computer dan VCD, CD, DVD aktivitas tersebut merupakan tindak kriminalitas yang diatur undang-undang karena termasuk kegiatan illegal yang merugikan pihak lain.


BAB III PENUTUP

A. Kesimpulan
       Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam pemanfaatannya hendaknya didasari oleh nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan , etika dan estitika , dan kearifan para pemakainya. Hanya mengembangkan nilai-nilai seperti itu, dampak negative  dari pemanfaatan TIK khusunya internet dapat diminimalkan terutama bagi para generasi muda yang masih dalam masa pertumbuhan dan pencarian identitas diri.


B. Saran
·        Dalam penggunaan alat TIK diminta kepada pengguna yang dibawah umur , harus ada bimbingan dari orang tua dan siswa disekolah bimbingan dari guru.
·        Bagi para pengguna yang lain gunakanlah sesuai dengan kegunaannya masing-masing.
·        Khusus bagi lembaga pendidik untuk dapat memblokir situs-situs yang tidak boleh dibuka.



Daftar Pustaka
          http://www.google.co.id
          http://kaskus.us

12 komentar:

  1. Makasih gan, informasinya sangat bermanfaat, ijin copas Artikel Teknologi

    BalasHapus
  2. daftar pustakanya tidak jelas

    BalasHapus
  3. forum komunikasi daulah islamiah indonesia. data intelijen sampai rahasia negara terkumpul dengan lengkap! http://transparan.org/

    BalasHapus
  4. ♥ ♠ ♦ ♣ LEGENDAQQ.NET ♥ ♠ ♦ ♣
    Kami Hadirkan Permainan Baru 100% FAIR PLAY Dari Legendaqq.Net. :) 1 ID Untuk 8 Games :
    - Domino99
    - BandarQ
    - Poker
    - AduQ
    - Capsa Susun
    - Bandar Poker
    - Sakong Online
    - Bandar 66

    Nikmati Bonus-Bonus Menarik Yang Bisa Anda Dapatkan Di Situs Kami LegendaQQ.Net. info Situs Resmi, Aman Dan Terpercaya ^^ Keunggulan LegendaQQ.Net :
    - Tingkat Persentase Kemenangan Yang Besar
    - Kartu Anda Akan Lebih Bagus
    - Bonus TurnOver Atau Cashback Di Bagikan Setiap 5 Hari
    - Bonus Referral Dan Extra Refferal Seumur Hidup
    - Minimal Deposit & Withdraw Hanya 20.000,-
    - Tidak Ada Batas Untuk Melakukan Withdraw/Penarikan Dana
    - Pelayanan Yang Ramah Dan Memuaskan
    - Dengan Server Poker-V Yang Besar Beserta Ribuan pemain Di Seluruh Indonesia,
    - LegendaQQ.Net Pasti Selalu Ramai Selama 24 Jam Setiap Harinya.
    - Permainan Menyenangkan Dengan Dilayani Oleh CS cantik, Sopan, Dan Ramah.

    Fasilitas BANK yang di sediakan :
    - BCA
    - Mandiri
    - BNI
    - BRI
    - Danamon

    Tunggu Apa Lagi Guyss..
    Let's Join With Us At LegendaQQ.Net ^^
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami :
    - BBM : 2AE190C9
    - Facebook : LegendaqqPoker

    Link Alternatif :
    - www.legendaqq(dot)net
    - www.legendaqq(dot)org
    - www.legendapelangi(dot)com
    NB : untuk login android / iphone tidak menggunakan www dan spasi ya boss ^_^

    BalasHapus
  5. Bagus, sangat bermanfaat dan terima kasih,, dan jangan lupak masuk ke website kmi www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  6. I have read many blogs in the net but have slot games at sands casino never come across such a well written blog. Good work keep it up

    BalasHapus
  7. Very informative site, i must mega888 download bookmark it, keep posting interesting articles...

    BalasHapus
  8. This is great article 3win8 demo id and so helpful.

    BalasHapus
  9. A gastroenterologist may be a physician who focuses on the diagnosis, treatment, and prevention of diseases of the gastroenterologist procedures gastrointestinal system . Gastroenterologist is qualified to treat conditions of: esophagus, stomach, intestines, rectum, liver. The term, endoscopy may be a procedure during which the doctor inserts an extended , narrow tube, with an inbuilt camera into your body

    BalasHapus
  10. Meet sonam sharma jaipur escorts a sexy independent Sexy and erotic Jaipur girls female escort service in jaipur who truly wins heart of their customers for best jaipur escort service call her

    BalasHapus